Kamis, 03 Juli 2008

PIKIREN DEWE

Tahun ajaran baru 2008/2009 telah dibuka.......masyarakat mulai berbondong bondong mendaftarkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sekolah favorit jadi target utama. Yang baru pada luluspun juga mulai bingung mau nerusin kemana.....Kuliah ,kerja , atau malah nganggur.......

Makin banyak aja nich jumlah pengangguran di indonesia, tahun 2003 saja sudah mencapai 11,35 juta dari total populasi 241.973.879 jiwa itu juga yang terditeksi, dan dinominasi dari kaum muda.

Setiap tahun angka itu terus bertambah......agaknya dunia pendidikan harus semakin jeli mengatasi hal ini.

Memperbanyak sekolah kejuruan salah satu langkah tepat yang sudah dilakukan pemerintah, KTSP sebagai pendukungnya juga hal yang bagus untuk diterapkan.....tinggal sekolah masing masing aja yang musti pinter-pinter mengatur strategi pembelajaran untuk pembekalan siswa saat lulus nanti......nah nich dia yang belum banyak di lakukan sekolah sekolah yang ada. Sehingga ngga' jarang lulusan yang masih bingung musti melanjutkan langkahnya kemana....?

Saat ini arahan untuk menjadi pegawai baik swasta ataupun negeri sudah ngga' layak lagi.....kenapa....peluang yang ada tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja, menjadi pegawai tidak selamanya akan menjadikankan para lulusan mendapatkan masa depan yang baik, sejauh ini masih banyak yang mencetak lulusannya sebagai calon-calon robot dari perusahaan, kenapa ngga' mencoba untuk berwirausaha aja.....menciptakan peluang kerja sendiri. Bukankah itu salah satu tujuan di perbanyaknya sekolah kejuruan.....?

Ada hal ganjil yang telah dilakukan oleh pemerintah, SMK di perbanyak tapi format ujian nasional tidak ada perubahan.......hari gini sek mikir UN, ngga' usum........kapan ya pemerintah sadar bahwa UN tidak menghasilkan apa apa untuk perkembangan pendidikan di negri ini. Justru malah menghambat.......terutama untuk anak anak SMK.

Tidak ada komentar: