Selasa, 08 Juli 2008

Apakah Cara Berpikir Guru Berpengaruh dalam Keberhasilan Siswa ?

Fakta

  • Kualitas mengajar adalah faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas pembelajaran siswa
  • Cara berpikir guru tidak dapat dinilai, diukur atau di standarkan
  • Guru biasanya menggambarkan kegiatan mereka dengan berbagai metafora

Metafora ini membingkai secara tidak sadar tingkah laku dan persepsi guru, guru bertingkah laku sesuai dengan nilai - nilai dan keyakinan akan kebenaran dalam mendidik anak.

Semua orang berpikir, guru juga berpikir. Berpikir adalah hal yang ilmiah, tapi banyak cara berpikir yang biasa, menyimpang, parsial atau penuh dengan prasangka. Kualitas berpikir menentukan kualitas kehidupan dan apapun yang akan dihasilkan.

Pengamatan

Sikap guru untuk anak usia dini (dilihat dari tingkat konflik, ketergantungan siswa pada guru dan kehangatan guru) akan berpengaruh pada prestasi akademis dan perilaku siswa sampai kelas XIII. Semakin berkualitas guru semakin tinggi prestasi siswa.

Profil Guru Ahli
  • Komit terhadap siswanya
  • Mengakomodir berbagai tingkat kemampuan dan tantangan dari siswa (perbedaan latar belakang sosial, budaya serta kebutuhan) Guru harus menguasai pembelajaran dan cara siswa berpikir sehingga dapat memberi banyak contoh ketika siswa bingung.
  • Guru harus pandai membuat konsep abstrak menjadi konkrit, nyata dan mudah dipahami oleh siswa sepanjang pembelajaran, guru melakukan navigasi materi pembelajaran dan dalam waktu yang sama memenuhi kebutuhan emosional siswa, membangun harga diri / kepercayaan dan mendorong tumbuhnya tanggung jawab.
  • Merencanakan pembelajaran dengan hati-hati, melatih prosedur dasar dan rutinitas untuk hidup dan belajar di kelas
Ketrampilan dan Kemampuan Guru Ahli
  • Memahami atau menguasai materi pembelajaran
  • Memahami strategi pengajaran yang dapat diterapkan di semua mata pelajaran (manejemen kelas, pembelajaran efektif dan evaluasi)
  • Memahami karakteristik dan latar belakang budaya siswa
  • Tahu tujuan dan alasan mengajar

Tidak ada komentar: