Minggu, 08 Agustus 2010

Metode Pengajaran Bahasa Inggris Genki

Bahasa Inggris tidak asing lagi bagi anak-anak kita, kita menginginkan generasi kita tumbuh dengan kemampuan Bahasa Inggris sebagai bekal kompetensi dan alat komunikasi global. Berbagai cara dan metode terobosan pembelajaran Bahasa Inggris digunakan untuk bisa menghadirkan cara efektif dan cepat dalam penguasaan Bahasa Inggris.

Namun hasil yang didapat masih cenderung sama konvesional-nya dengan metode yang digunakan. Termasuk model pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang kebanyakan hanya diupayakan untuk mencapai ketuntasan target kurikulum dan Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Tidak banyak yang mau dan mampu mencari akar masalah dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif.

Metode pembelajaran dan bahan ajar yang kurang memadai sering menjadi persoalan serius yang dihadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris, padahal sebagai bahasa asing, Bahasa Inggris tidak hanya cukup dituntaskan dengan capaian nilai yang bagus, tetapi juga dengan kemampuan dasar berbahasa, yaitu; listening, reading, speaking, dan writing.

Diperlukan metode pembelajaran alternatif yang kreatif, komunikatif, aplikatif, aktif dan menyenangkan. Karena hanya dengan itu siswa didik akan mampu dengan mudah menyerap materi yang diberikan dan hasil yang didapat adalah siswa didik mampu menguasai Bahasa Inggris tanpa merasa terbebani.

Genki English berarti Fun, bergembira dalam bahasa jepang. Sebuah metode untuk membuat siswa didik mampu berbicara Inggris dengan sangat cepat. Bukan tentang text book Bahasa Inggris yang membosankan atau tentang grammar yang menakutkan, tetapi ini tentang bagaimana membuat siswa didik menjadi antusias untuk mendapatkan rasa percaya diri serta motivasi tinggi untuk dapat berbicara dengan anak-anak dari negara lain dari seluruh penjuru dunia.

Ada banyak cara yang berbeda dalam menggunakan Genki English, yang paling efektif adalah dengan menggunakan lagu (nursery rhyme) untuk belajar Bahasa Inggris, permainan (game) untuk mempraktikkannya dan menggunakannya dalam keseharian. Masa keemasan belajar bahasa bagi anak-anak yang ada sangatlah singkat, yakni usia 5-13 tahun, sehingga pembelajaran harus berlangsung menyenangkan dan efektif. Itu adalah Genki English.

Tidak ada komentar: